Hotline 085315555288
Informasi lebih lanjut?
Home » Hopping Island » Pulau Pasir Belitung, Fenomena Ajaib Alam Pasang Surut Air Laut

Jikalau kebanyakan pulau dan pantai di Belitung selalu di hiasi batu-batu granit dengan bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Berbeda dengan pulau Pasir. Destinasi wisata belitung yang akan kita bahas kali ini memiliki keunikannya sendiri. Lebih tepatnya disebut gosong atau gosongan, Yaitu sebuah daratan kecil yang hanya terdiri dari hamparan pasir putih yang halus. Tidak ada tanaman atau apapun diatas pulau pasir.

Bintang Laut Pulau Pasir belitung

Bintang laut, Protoreaster nodosus.

Meskipun demikian pulau pasir memiliki tempat tersendiri dihati para wisatawan. Tentusaya dengan berbagai keunikan keunikan yang dimiliki oleh pulau tersebut. Beberapa keunikan pulau pasir belitung antara lain:

Keunikan Pulau pasir Belitung

1. Hanya ada ketika air surut

Pasang surut air laut merupakan fenomena alam tetang berubahnya ketinggian atau kedalaman air laut oleh pengaruh gravitasi bulan. Pada saat air pasang pulua pasir seluruh nya akan terendam air laut. Begitu sebaliknya ketika air surut maka kita bisa melihat pulau pasir muncul di permukaan air. Kejadian ini membuat luas pulau pasir menadi berbeda – beda setiap saat. Pada titik terendahnya permukaan air laut pulau pasir hanya seluas lapangan Tenis sedikit lebih besar.

2. Merupakan Habitat Bintang Laut

Diskitar perairan pulau pasir merupakan rumah dari koloni bintang laut. Ukuran dari spesies bintang laut yang ada disini sangat besar. Namun perlu sedikit usaha untuk dapat menjumpai mereka. Anda bisa berenang disekitaran pulau pasir untuk menemukan bintang laut dengan nama latin Protoreaster nodosus. Diwilayah lian Bitang laut yang unik ini diperdagangkan. Sehingga semakin langka keberadaannya. Maka dari itu kami menghimbau agar wisatawan untuk tidak mengusik kelangsungan hidup hewan yang masuk dalam kelas Asteroidea ini. Jika anda ingin berfoto dengan bintang laut anda bisa menggunakan kamera under water dengan tetap membiarkan bintang laut tetap berada didasar air. Anda bisa menyewa gopro yang disediakan oleh agen travel tentunya.

3. Bentuk Pulau Yang Selalu Berubah-ubah

Dikarenakan pulau ini terdiri hanya dari pasir halus yang tidak padat. Maka bentuk dari pulau pasir sendiri bisa berubah-ubah. Arus laut, Pasang surut air, dan suhu air mempengaruhi bentuk pulau pasir. Terkadang bentuknya memanjang. Terkadang seperti bulan sabit, dan terkadang bulat oval. Sungguh pulau yang unik bukan?

 

Cara Berpergian Kepulau Pasir

Pada umumnya pulau pasir termasuk dalam itenerary perjalan paket wisata. Baik itu paket tour one day trip hopping island. maupun paket tour belitung lainnya. Atau anda juga bisa menyewa boat wisata dari pantai tanjung kelayang secara mandiri.Β  Namun biasanya terjadi tawar menawar harga. Jika anda kurang menyukainya menggunakan jasa paket wisata adalah pilihan yang tepat. Karena sebagian besar kerperluan anda akan di siapkan oleh agen tour. Seperti boat, pelampung keselamatan, tour guide, penjemputan di hotel, diver yang ramah, dokumentasi hingga P3k semunya sudah tersedia.

Letak Pulau Pasir Belitung

Pulau pasir terletak masih di sekitaran pantai tanjung kelayang. Pulau ini juga tidak jauh dari pulau batu berlayar, pulau kelayang dan pulau kepayang. Jika lansung menaiki sewa boat dari pantai tanjung kelayang setidak nya hanya membutuhkan waktu 18 menit untuk mencapai pulau ini.

Pulau ini hanya berupa hamparan pasir, bukan pepohonan maupun bebatuan seperti objek wisata lainnya. Namun pulau ini selalu menarik karena keunikannya. Saat air surut, Pulau ini akan terlihat di permukaan air dan Anda bisa berjalan diatasnya sambil berfoto dengan latar belakang bebatuan granit besar dan mengelilingi pulau kecil yang indah. Urutan aktivitas yang bisa dilakukan disini seperti snorkeling dan Sun BadThing selain itu mendapatkan bintang laut berukuran lebih besar mudah ditemukan di pulau ini. Pulau ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu nelayan dalam waktu 15 menit baik dari Tanjung Kelayang maupun Tanjung Binga.

 

Paket Tour Belitung
Logo Travel Belitung

perusahaan travel di belitung

Jl. Pelataran Aik Ketekok B.45, Lesung Batang
Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411
info@billitotonecapture.com

Wa +6285315555288

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Belitung Sheraton hotel & resort.

Hotel & Resort Sheraton Belitung. Hotel Bintang 5 Pertama di Belitung

Sekilas tentang Belitung dan Hadirnya Hotel Sheraton Belitung Belitung, sebuah pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatera, Indonesia, dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, pantainya yang cantik, dan batu granit unik. Pulau ini telah menjadi destinasi wisata populer bagi para pelancong yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Dalam upaya u... selengkapnya

Pantai Tanjung Pendam

Pantai Wisata Tanjung Pendam. “Ancol” nya orang Belitung

Belitung sebagai pulau tropis yang luasnya kurang lebih sebesar kota Jakarta tentunya di kelilingi oleh perairan laut Jawa dibagian selatan dan laut Natuna di sebelah utara. Membuat pulau yang terkenal akan cerita Laskar Pelangi nya ini memiliki banyak pantai indah di pesisirnya. Pada artikel ini akan dibahas salah satu pantai yang menjadi favorit warga Beli... selengkapnya

Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar Belitung

Pulau Batu Berlayar: Mengungkap Rahasia Seni Alam pahatan Sang Pencipta Melangkahlah ke lanskap misterius pulau Batu Berlayar dan bersiaplah untuk menyaksikan karya seni alam yang menawan terbentang di depan mata Anda. Negeri ajaib yang terpencil dan membingungkan ini, terletak di tengah perairan pesisir barat laut pulau utama, menyimpan kunci rahasia yang m... selengkapnya

Our Office

CV. Pelelangi Belitong

Jl. Pelataran Aik Ketekok (eks komplex perumahan PT. Timah. Tbk B45

E-mail : billitonecapture@gmail.com

Whatsapp : +6285315555288

 

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.