Hotline 085315555288
Informasi lebih lanjut?
Home » Objek Wisata Belitung » Replika SD Laskar Pelangi

Replika SD Laskar Pelangi

Objek wisata Pulau Belitung memang tidak lepas dari keberadaan film Laskar Pelangi (2008). Yang mengambil tempat seperti Replika SD Laskar Pelangi. Keberadaan Replika SD Laskar Pelangi yang muncul dalam film Laskar Pelangi ini menjadi objek wisata Belitung.

Replika SD Laskar Pelangi. Atau yang sebenarnya bernama SD Muhammadiyah Gantong, dibuat dengan bentuk yang sangat mirip dengan aslinya. Seperti yang sudah kita ketahui. Kisah dari novel Laskar Pelangi ini memang berdasarkan kisah nyata. Kisah dari pengalaman seorang novelis Andrea Hirata. Ditulis menjadi sebuah novel kemudian diadaptasi menjadi film yang sangat penuh inspirasi.

Adegan-adegan di dalam film Laskar Pelangi (2008) dibuat begitu apik. Sehingga penontonnya pun pasti ikut meneteskan air mata. Jadi, tidak salah untuk melihat secara langsung bangunan yang digunakan untuk menyukseskan film Laskar Pelangi Belitung ini.

paket wisata keluarga belitung

Keluarga berpose dengan latar belakang Sd Laskar Pelangi Belitung

lokasi syuting laskar pelangi

Jika anda sudah pernah menonton Film Laskar Pelangi karya sutradara Riri Riza ini pasti tau kalau dulu nya disini tempat lokasi syuting film laskar pelangi. Selain pasar gantung, pantai tanjung tinggi dan beberapa tempat lainnya di Belitung. Namun kami rasa replika bangungan SD sederhana ini lah yang menjadi icon dalam film tersebut.

Bangunan yang Berada di Replika SD Laskar Pelangi

Sekolah ini memang bukanlah sekolah yang mewah. Begitulah kesan yang diberikan pada Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi dalam filmnya. Meskipun begitu, sekolah ini masih tetap memiliki bangunan-bangunan lain di sekitarnya yang juga dijadikan tempat belajar mengajar.

Ruang kelas

Tempat kegiatan belajar mengajar yang dimiliki Sekolah Dasar ini memiliki alas berupa pasir. Dinding yang terbuat dari kayu. Dari bagian luar, para pengunjung bisa melihat sebuah buah kayu yang diletakkan untuk menopang sekolah ini supaya tetap berdiri.

Selain ruang kelas, para pengunjung juga bisa merasakan sensasi belajar di sekolah ini dengan mengelilingi area sekolah dan menemukan bangunan lain seperti berikut:

Sumur

Sumur di Sekolah Dasar Muhammadiyah Gantong ini mungkin tidak sebagus sumur yang lain. Namun, sumur inilah yang menjadi tempat untuk berwudhu para guru dan siswa sekolah ini.

Ruang Guru dan kepala sekolah

Di samping sekolah, para pengunjung bisa menemukan bangunan lainnya seperti runga guru. Dilokasi ini sering terjadi dialog antara kepala sekolah dan ibu guru Muslimah.

Surau atau Musholla

Surau atau musholla ini digunakan sebagai tempat sholat. Siswa dan guru yang berada dalam film Laskar Pelangi sholat disini. Surau yang tidak besar dan sangat sederhana. Yang menjadi saksi bisu para siswa dan guru di sini dalam melaksanakan ibadah sholat.

Tetap Ceria di SD Laskar Pelangi (baca sampai habis)

Melihat keceriaan para siswa SD Muhammadiyah Gantong atau SD Laskar Pelangi ini tentu akan membuat para pengunjung terharu. Mungkin tidak pernah terbayangkan ada Sekolah Dasar yang begitu sederhana di Pulau Belitung ini. Sementara itu, siswa-siswa Sekolah Dasar ini begitu ceria dan bersemangat menghadapi hari-hari mereka di sekolah.

Hal ini mungkin berbanding terbalik dengan suasana beberapa Sekolah Dasar yang ada di kota-kota besar. Kadang, dengan banyaknya fasilitas sekolah yang bisa digunakan dan dinikmati, malah disia-siakan begitu saja.

Kisah yang ada pada film Laskar Pelangi Belitung ini tentu menjadi cerminan bagi semua orang yang menontonnya. Karena dalam kondisi seperti itu saja, para siswa ini masih memiliki semangat untuk belajar. Itu semua karena mereka memiliki cita-cita yang sangat besar dan ingin dicapai.

Sekarang Replika SD Laskar Pelangi Belitung ini memang tidak digunakan dalam program belajar mengajar. Yang sesungguhnya. Namun, Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ini tentu menjadi contoh yang sangat nyata bagi para peraih mimpi untuk mewujudkan mimpinya.

Objek wisata sejarah sekolah laskar pelangi Belitung yang satu ini sangat tepat untuk dijadikan salah satu tujuan dalam paket tour Belitung keluarga Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Swiss-bel Hotel Belitung

Berwisata ke Belitung dengan menginap di Swiss-Belhotel

Temukan Keindahan Pulau Belitung dengan Swiss-Belhotel sebagai pilihan akomodasi anda selama berlibur. Pesona Alam Pulau Belitung Pulau Belitung merupakan destinasi unggulan untuk para pencinta pantai dan kegiatan di pulau. Dengan pesona alamnya yang memesona, pulau ini menjadi tujuan yang diminati oleh para penggemar snorkeling dan olahraga air. Belitung, s... selengkapnya

pantai burung mandi belitung timur.

Hotel MaxOne. Hotel bintang 3 di tengah kota tanjung pandan

Max One Hotel MaxOne Belstar Belitung Jalan Sriwijaya paal satu, Tanjung pandan – Kepulauan Bangka Belitung MaxOne adalah sebuah jaringan hotel di tanah air. Hotel nya tersebar di beberapa kota dan tempat wisata seperti Jakarta, Bali dan tentunya Belitung. MaxOne Belitung memiliki gaya yang minimalis namun penuh warna dan artistik. Membuat terkesan bagi si... selengkapnya

Pulau Pasir Belitung

Pulau Pasir Belitung, Fenomena Ajaib Alam Pasang Surut Air Laut

Jikalau kebanyakan pulau dan pantai di Belitung selalu di hiasi batu-batu granit dengan bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Berbeda dengan pulau Pasir. Destinasi wisata belitung yang akan kita bahas kali ini memiliki keunikannya sendiri. Lebih tepatnya disebut gosong atau gosongan, Yaitu sebuah daratan kecil yang hanya terdiri dari hamparan pasir putih ya... selengkapnya

Our Office

CV. Pelelangi Belitong

Jl. Pelataran Aik Ketekok (eks komplex perumahan PT. Timah. Tbk B45

E-mail : billitonecapture@gmail.com

Whatsapp : +6285315555288

 

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.