Hotline 085315555288
Informasi lebih lanjut?
Home » Hopping Island » Pulau Kelayang & Gua Kelayang
Pulau Kelayang

Pulau batu garuda dilihat dari pulau kelyang

Pada artikel kali ini kita masih membahas salah satu pulau yang akan anda singgahi ketika melakukan kegiatan hopping island – Belitung. Keberadaan pulau kelayang di antara pulau – pulau kecil lainnya di barat laut Belitung menjadi sangat penting. Bagai mana tidak, pulau yang bisa dilihat dari pinggir pantai tanjung kelayang ini memiliki daya tarik yang luar biasa.

Letak pulau kelayang sendiri tidak jauh dari pantai tanjung kelayang. Sekitar 700 meter dari dermaga tanjung kelayang. Bersebelahan dengan pulau batu garuda. Sehingga pengunjung bisa melihat keindahan pulau batu garuda dari sisi lainnya.

Goa Kelayang

Terdapat juga susunan batu-batu granit ukuran raksasa. Dan ada beberapa batu besar yang berjajar dan berhimpit dibagian atasnya. Sehingga membentuk layak nya sebuah gua. Sehinga masyarakat menyebut nya sebagai gua kelayang.  Cahaya matahari yang masuk dari celah batuan gua dan air dangkal yang menggenangi dasar gua dan batu – batu raksasa yang menjadi dinding gua membuat suasana di tempat ini dangat dramatis. Siapa pun yang berfoto di sini akan menghasilkan gambar yang ciamik bak di negri khayalan. Untuk mencapai lokasi gua kelayang sendiri anda perlu tracking berjalan kaki sejauh 150 meter. Jalan nya cukup mudah dilalui dan landai meskipun kondisi jalan masih alami berupa jalan tanah.

Tempat ngopi dan makan

Dahulu pulau ini merupakan pulau kosong dan tidak ada fasilitas apapun. Namun kini sudah ada beberapa warga lokal yang mendirikan warung makan seafood. Biasanya warung makan pulau kelayang hanya melayani wisatawan yang telah order menu makan melalui agen travel. Ini dikarenakan mereka hanya membawa bahan makanan untuk dimasak sesuai jumlah pesanan dihari sebelumnya. Menu yang ditawarkan pun sudah sesuai paket yang ada. Menu tersebut adalah : Nasi, ikan bakar, udang bakar, ketam saus padang, cumi goreng tepung, tumis kangkung.

Selain bisa makan seafood segar dan enak, anda juga bisa menikmati aneka minuman dan kopi dipulau Kelayang. Jika anda tidak ingin makan berat anda bisa memesan mie instan, pisang goreng, pop mie dan snack – snack ringan yang dijual disalah satu warung.

Penghuni Pulau Kelayang

Sebagai tambahan kami juga ingin menginformasikan tentang salah satu keunikan lainnya dipulau yang memiliki luas tak lebih dari 3 hektar ini merupakan tempat tinggal dari seekor lutung ekor panjang. Menurut cerita penduduk setempat, lutung ini berasal dari daratan utama pulau Belitung.  Ia bisa sampai kepulau kelayang dengan cara berenang. Tidak diketahui apa sebab dari prilaku primata berwarana hitam satu ini. Kini lutung tersebut sesekali menampakkan diri diantara wisatawan dan sesekali meminta makanan kepada pemilik warung makan. Sepertinya lutung ini sudah terbiasa dengan keberadaan manusia dan hidup berdampingan. Namun kami sarankan agar anda tidak berinteraksi dengan hewan apapun selama dalam perjalanan wisata dibelitung. Agar mereka bisa menjalani hidup nya secara alami.

Selain itu pulau kelayang juga merupakan habitat dari biota laut. Seperti bintang laut, ikan nemo, ikan belang macan, dori, penyu hijau dan bangau hitam.

 

 

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

paket family belitung

Hotel Arnava – Mau Explore Pasar Tradisional Belitung? nginep disini aja.

Arnava Mutiara Belitung Hotel memiliki 64 kamar dengan desain bergaya kontemporer modern untuk membuat masa menginap Anda menyenangkan dan berkesan, Hotel Arnava Mutiara Belitung dilengkapi dengan “rumah kafe jalanan 23” dan 1 ruang pertemuan yang dapat menampung hingga 40 orang, cocok untuk pertemuan bisnis, gathering, acara spesial dan pesta ulang tahu... selengkapnya

pantai burung mandi belitung timur.

Pantai Burung Mandi – Belitung Timur Punya “Ancol”

Tour Belitung – Bagi penduduk Belitung Timur, pantai Burung Mandi sudah menjadi Ancol-nya warga Jakarta. Terletak di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, kabupaten Belitung Timur (Beltim), pantai Burung Mandi berjarak hampir 20 kilometer dari Manggar, ibu kota Beltim. Objek wisata di Belitung ini telah dikenal sejak masa pemerintahan Belanda yang pertama ka... selengkapnya

Pantai Batu Bedil

Pantai Batu Bedil dan Lengenda Bajak Laut

Menjelajahi Keindahan Alam dan Legenda Pantai Batu Bedil di Belitung Belitung, destinasi eksotis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah lama dikenal sebagai surganya pulau-pulau kecil dan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Namun, ternyata ada lebih banyak yang ditawarkan oleh pulau ini daripada sekadar “hopping island” dan “snorke... selengkapnya

Our Office

CV. Pelelangi Belitong

Jl. Pelataran Aik Ketekok (eks komplex perumahan PT. Timah. Tbk B45

E-mail : billitonecapture@gmail.com

Whatsapp : +6285315555288

 

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.